Blog ini banyak mengupas tentang Masalah Sepakbola

feature posts

Wednesday, 25 March 2015

On 08:19 by Ropik Hidayat   No comments
Kutipan ini saya ambil dari artikel bill cole, beliau adalah seorang pelatih mental dibeberapa klub salah satunya adalah di Stanford Univeristy beliau menangani klub sepakbola yang berajang di NCAA Champion Women.Beliau juga pernah menjadi pelatih mental pemain-pemain tim nasional amerika serikat dan juga beberapa negara-negara lain pesaing Piala Dunia FIFA.
Apa yang menjadikan kekuatan mental kamu menjadi sebagai pemain sepakbola?
APakah kamu memiliki mental yang tangguh, terutama ketika kamu berada dalam sebuah tekanan? apakah kamu memiliki kemampuan melepaskan kesalahan dalam sebuah kontes? dapatkah kamu menjaga kepercayaan dirimu ketika kamu mengalami sebuah kekalahan atau menghadapi rintangan?? semua keterampilan ini diperlukan utnuk dapat bersaing di kasta yang tinggi.
Dia memiliki pengalaman ketika dia menjadi pelatih mental dibeberapa SMA dan Perguruan tinggi dia menemukan sejumlah pemain yang memiliki masalah dengan mental  yang mereka juga tidak bisa mengontrol diri mereka sendiri bahkan pelatih sepakbola mereka sendiri tidak bisa menangani hal ini, mereka membutuhkan bantuan khusus, mereka bingung terhadap diri mereka sendiri dan bertanya pada dirinya, "Apa yang terjadi pada diriku? mengapa aku begini, dulu aku percaya diri dan bermental tangguh, apakah tiba-tiba aku lupa bagimana melakukan semua ini??" disatu sisi mereka lupa, mereka tersesat bagaiamna sebenranya yang harus mereka lakukan. umumnya mereka mengalami hal ini ketika berada dalam masa transisi. hal seperti ini adalah umum dan alami. Beliau datang dan banyak membantu atlet atlet yang mengalami hal-hal tersebut, dia membangkitkan kembali semangat dan kepercayaan diri. berikut ini adalah 4 cara agar meningkatkan kembali mental atlet anda. 

1. Berhenti mencoba membayangkan mengapa kamu melakukan kesalahan
Ketika anda memiliki pemain yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi maka pemain itu akan selalu berpikir analitis,  mereka selalu mencari tahu alasan kesalahan mereka dalam permainan yang sesungguhnya. bola itu hidup, sulit untuk diperediksi, ketika mereka sibuk berpikir dan mencari-cari alasan kesalahan mereka, mereka akan kehilangan bermain berikutnya dan berikutnya lagi, berhentilah menganalisis dan terus bermain, berhenti menjadi seorang ilmuan dan secara mental berhenti sejenak untuk melihat alasan kita bermain buruk, only hardwork, bersaing kuat dan sportif dan menghindari kesalahan seperti biasa, apakah anda mengerti dengan penjelasan ini, jika tidak saya akan memberikan sebuah contoh : ketika dalam permaian kita ambil seorang pemain yang berposisi sebagi striker,  striker ini sudah menyia-nyiakan 4 peluang emas ketika dia sudah berhadapan dengan penjaga gawang, seorang pemain yang memiliki intelegensi yang tinggi akan menganilisis dan berpikir apakah tendangan saya lebih baik ke kanan menyusur tanah, apakah harus keras dan melambung apakah lebih baik pelan saja dan berpikir lainnya, ketika mereka berpikir seperti itu maka kepercayaan dirinya akan hilang dan hasil tendangannya tidak akan sesuai dengan keinginannya, karena faktor perasaan mereka yang tergesa-gesa, kepercayaan diri hilang karena banyaknya tekanan dari pelatih dan penonton, maka yang harus anda lakukan jika menemui hal-hal seperti ini adalah dengan membiarkannya bermain lepas dan terus memberinya motivasi, apakha sekaraang anda mengerti?? ok kalau anda mengerti kita lanjut ke step ke 2.

2. Untuk Fokus yang lebih baik, jernihkan pikiran anda.
Sebelum pertandingan apakah anda memiliki sebuah sistem atau  proses yan anda gunakan untuk transisi mental atau peralihan mental anda dari pikiran kehidupan sehari-hari dan memfokuskan ke dunia olahraga, yang harus kamu lakukan adalah menjembatani pikiran anda dengan itu akan membantu anda dala meninggalkan kekhawatiran dan keprihatinan dan fokus dalam keluarga anda, sekoalh dan dunia sosial sehingga anda dapat fokus pada dunia sepakbola anda, cara mudah menjembatani in semua adalah dengan manajemen waktu yang baik, buatlah diam diri anda sejenak sebelum anda meninggalkan rumah anda untuk bermain bola, jangan hanya buru-buru keluar dari rumah, duduk diam selama 10-15 menit dan membersihkan pikira anda, memvisualisasikan bagaimana anda ingin bermain dalam permainan yang akan datang, menetapkan tujuan untuk hari itu, setelah anda melakuakn ini anda akan merasakan ketenagan yang hebat dan anda akan bermain dengan baik, perlu di ingat ini tidak khusus pada sepakbola saja tapi anda bisa mempraktekannya dengan kegiatan kegiatan lain anda dapat memvisualisasiakn sesuatu keinginan anda.

3. Gunakan Rumus Formula Pemikiran yang terbalik
Jika anda perhatikan dalam permainan bahwa energi anda telah melemah atau turun dan kaki anda telah berhenti bergerak, anda mungkin berpikir terlalu banyak, hal ini dapat tejadi karena berbagai alasan, tetapi kuncinya adalah untuk menjadi sadar pada saa itu gunakan lah rumus formula pemikiran yang terbalik untuk mengatasi ini, jiak tadi anda berpkir dan merasa kaki anda tidak dapat ebrgerak lagi sekaang berpikirlah bahwa kaki anda bergerak lebih cepat dari biasanya, dimana anda bahkan melakukan hal-hal yang tidak biasa, itulah gagasanya, ketika anda melemparkan diri anda untuk lebih bergerak, tubuh anda akan mulai berhenti berpikir dan  akan mulai bertindak. kuncinya anda yakin terhadap pikiran terbalik anda memang ini sulit tapi jika anda terbiasa berpikir terbalik ini akan menjadi mudah. keep training.... :)
Ini adalah pengalaman saya, saya bermain sebagai gelandang tengah dan dituntut untuk selalu menutup setiap posisi yang ditinggalkan oleh seorang pemain yang meninggalkan posnya, posisi sebagai gelandang tengah ini membutuhkan kondisi fisik yang prima,  ketika saya bermain bola penuh semangat dan berpikir selalu bugar bahwa tubuh saya bisa melakukan semua tugas-tugas ini maka saya bisa melakukan ini, teman-teman saya keheranan setiap saya bermain bisa kembali ke posisi saya kemudian selalu berlari kesana kemari merebut bola tanpa terlihat seperti orang yang mengalami kelelahan, mereka selalu memuji penampilan saya.

4. Tidak menanggap remeh lawan.
Saat anda berpikir  "Tim lawan ini mudah, ini akan menjadi simple, menang mudah" ketika anda berpikir
seperti ini anda telah masuk kedalam lubang mental ang membosankan, itu karena anda hanya mengatakan kepada diri anda sendiri bahwa ini akan menjadi pertandingan yang membosankan sehingga hampir tidak akan menjadi sebuah tantangan dan tidak layak untuk bekeja keras dan fokus dan situlah bahaya datang, pikiran anda telah memberi sinyal pada tubuh anda dan tubuh anda akan memberi respon sesuai apa yang anda pikirkan, sekarang untuk engubah mindset tersebut anda perlu mengubah permainannya menjadi tantangan sehingga tubuh anda bangkit dan bersemangat, anda dapat melakukan ini dengan menetapkan tujuan dan menciptakan rasa ingin tahu, sebagai contoh seberapa banyak lawan yang dapat anda lewati, seberapa banyak lwan ayng dapat anda kolongi D: atau berapa abnayak gol yang dapat anda ciptakan? dapatkah anda membuat mereka tidak bisa mencetak gol?? dengan ini akan membuat anda bermain lebih baik.

sekrang anda telah mengetahui trik untuk mengubah mental pemain anda gunakan trik ini kemudian lihatah hasilnya, hasil dari trik ini, dengan ketekunan dan esabaran anda dapat meraih hasilnya karena tingkat kemampuan seseorang it berbeda beda maka bedakanlah setiap treatment mengaasi atlet anda. semoga behasil

 

Tuesday, 3 March 2015

On 20:52 by Ropik Hidayat   No comments
Juggling merupakan sebuah teknik lanjutan dari beberapa teknik dasar seperti Menembak (shooting), Menyundul (heading), Mengoper (passing), Menjegal (tackling), Melempar (throwin). Juggling merupakam seni mengolah bola yaitu dengan cara memantul mantulkan bola dengan bagian tubuh seperti kaki dan kepala, dengan juggling sepakbola terlihat indah, karena seni juggling bagi lagi menjadi beberapa bagian seperti :
  • Atw(Around the world)
  • Htw(Hop the world)
  • Toe Bounce
  • Reverse Toe Bounce
  • Cross Over
  • Reverse Crossover
  • Simple Cross or X Over
 Untuk Sejara Jugling kalian bisa searching dibeberapa situs seperti wikipedia. karena saya tidak akan banyak membahas tentang sejarahnya saya akan banyak membahas bagaimana cara melakukannya....
nah dalam pelaksanaan juggling dibutuhkan beberapa komponen kondisi fisik yang baik seperti keseimbangan, flexibility, daya tahan otot, dan koordinasi. komponen ini harus dimiliki jika menginginkan jugglingnya baik,  untuk mengingat kembali apa itu keseimbangan, flexibility, daya tahan otot, dan koordinasi maka saya disini akan akan menjelaskannya lagi....
1. Keseimbangan adalah kemampuan seseorang dalam mempertahankan keadaan seimbang.
2. Flexibility adalah kemampuan ruang gerak sendi.maksudnya adalah orang yang memiliki flexibilitas yang baik dia mampu bergerak luas tanpa mngalmi cedera ataupun sakit, misal dalam melakukan split.
3. Daya tahan oto adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu gerakan dalam waktu yang relatif lama tanpa mengalami kelelahan.
4. koordinasi adalah kemampuan seseorang dalam menggabungkan beragai macam gerakan.

Kalau anda sudah mengerti arti komponen kondisi fisik diatas dan memiliki komponen kondisi fisik diatas  saya akan membawa anda menjdi seorang juggler yang mahir. Dan kalau anda belum mempunyai komponen kondisi fisik diatas silahkan untuk anda berlatih dulu kondisi fisik. menjadi seorang juggler  tidak bisa instan namun anda harus berlatih dan berlatih. saya akan memberitau anda bagaimana cara melakukan juggling, cara ini saya kutip dari situs wikihow.com yang memberikan 5 Metode cara belajar mengjuggling bola :

1.

1. mengempiskan bola,  dengan membuang udara sediikit pada bola anda itu akan mengurangi intensitas pantulan pada bola anda dan juga bola tidak akan pergi jauh ketika anda membuat kesalahan ketika menatulkan bola dengan demikian bola jadi mudah untuk di kontrol.
* setalah anda mahir menjuggling bola cobalah untuk mengisi lagi angin pada bola 



2. Pegang bola langsung di depan Anda sehingga  sejajar dengan  dada Anda. Jatuhkan dan biarkan memantul. Sebagai bola mulai turun setelah pantulan ini, menendang kembali ke udara. Cobalah untuk menendang dengan kaki dominan Anda cukup keras sehingga mencapai ketinggian dada. Cobalah untuk menendang bola dengan kaki Anda miring sedikit ke atas. Pastikan untuk menendang bola dengan tali sepatu Anda.

 Pastikan bahwa tali
sepatu anda tidak di diikat dengan doubel atau dua kali  pada awalnya. Bola mungkin akan terpental dari tali Anda pada sudut yang aneh jika tali Anda terikat dalam simpul besar.
Jaga pergelangan kaki Anda terkunci 'sehingga tetap miring dan kuat. Sebuah pergelangan kaki goyah menyebabkan tendangan goyah

Pegang bola langsung di depan Anda sehingga pada sejajar dengan  dada Anda. Jatuhkan dan biarkan memantul. Sebagai bola mulai turun setelah pantulan ini, menendang kembali ke udara. Cobalah untuk menendang dengan kaki dominan Anda cukup keras sehingga mencapai ketinggian dada. Cobalah untuk menendang bola dengan kaki Anda miring sedikit ke atas. Pastikan untuk menendang bola dengan tali sepatu Anda.

3.Pastikan bahwa tali sepatu anda tidak di diikat dengan doubel atau dua kali  pada awalnya. Bola mungkin akan terpental dari tali Anda pada sudut yang aneh jika tali Anda terikat dalam simpul besar.
Jaga pergelangan kaki Anda terkunci 'sehingga tetap miring dan kuat. Sebuah pergelangan kaki goyah menyebabkan tendangan goyah.
Jaga lutut sedikit ditekuk. Melakukan hal ini akan membantu Anda memiliki kontrol yang lebih baik atas bola. Jangan mengunci lutut. Jaga kaki Anda tidak menendang dengan (kaki mengendalikan Anda) datar dan tertanam kuat di tanah.
     Hal ini penting untuk skor sementara juggling bola. Di antara sentuhan, itu berisiko tapi berguna untuk mencoba menyeimbangkan kembali diri Anda sehingga Anda dapat mempertahankan kontrol bagaimana Anda memukul bola setiap kali. Selalu mencoba untuk tetap seimbang pada jari-jari kaki, siap untuk membuat gerakan cepat. Kunci terbesar untuk balancing adalah untuk membuat Anda menekuk lutut dan mata Anda pada bola.




4.
Praktek sampai Anda dapat dengan mudah dan konsisten menangkap bola di depan perut Anda. Anda tidak harus bersandar atau mencapai menangkap bola. Kemudian lakukan hal yang sama dengan kaki yang lain. Perlu diingat bahwa juggling dengan kaki non-dominan Anda akan lebih sulit. Terus melakukannya!





5. Meningkatkan jumlah kali Anda membiarkan bola memantul dari kaki Anda. Alih-alih menangkap bola setiap kali Anda menendang, menendang itu ke udara dan karena jatuh, menendang itu lagi daripada membiarkannya memantul di tanah. Cobalah untuk menjaga bola di bawah kontrol. Fokus pada juggling dengan satu kaki sampai Anda merasa yakin, kemudian beralih ke kaki yang lain. Praktek sampai Anda merasa percaya diri juggling dengan kedua kaki.

     Anda dapat "menangkap" bola di kaki Anda dengan praktik-hati dengan bantalan jatuhnya bola dan memegangnya di tempat dengan kaki Anda dan tulang kering.