Belajar Skill Bola

Tugas kita bukanlah untuk berhasil Melainkan Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

Recent Posts

Responsive Ads Here

Thursday, May 17, 2018

Kepelatihan Dasar Sepakbola 1

Materi kepelatihan dasar
1. Fisik
2. Teknik
3. Taktik
4. Jiwa Kebersamaan (Mental and Psychososial)
5. Set Piece ( gerakan dan alur bola yang direncanakan)
6. Formasi
7. Penjaga Gawang

Istilah-Istilah Umum
1. Taktik 
Aksi individu atau bersama-sama yang ditunjukan oleh pemain atau sekelompok pemain untuk mengambil kesempatan dari seorang lawan atau sekelompok pemain lawan atau tim secara keseluruhan, sebuah taktik adalah alat untuk membangun strategi,  contoh : perpindahan bola dengan cepat dari satu sisi lapangan ke sisi lain.
2. Strategi
Sebuah pemahaman atau ide yang disepakati bersama oleh seluruh anggota tim sejak awal pertandingan dengan tujuan mengalahkan lawan, startegi berhubungan dengan formasi tim dan juga sistem yang digunakan oleh tim. Contoh : Strategi Pertahanan --tiga striker maju guna melakukan tekanan dan pemain gelandang tengah mendekati lawan di area tengah untuk menghalangi mereka berbalik. diharapkan dengan cara demikian bola bisa direbut kembali di area pertahanan lawan.
3. Formasi
Pengaturan posisi pemain dan pembagian tugas pada masing masing pemain dilapangan yang diatur sejak awal pertandingan, ini biasanya ditulis dalam tiga angka yang mengidentifikasikan pemain di posisi pertahanan, tengah dan penyerangan. Contoh : 4-3-3. berarti ada 4 pemain bertahan (defender), 3 pemain tengah (midfielder) dan 3 penyerang ( Striker).
4. Sistem
Sebuah formasi yang secara khusus menyorot pada bentuk dan atau peran untuk satu atau beberapa pemain, sebuah sistem adalah kombinasi dari formasi dan startegi. Contoh : 4-4-2 dengan bentuk berlian ditengah sehingga memungkinkan pemain bek sayap bergerak naik ke area yang lebih luas didepannya.



No comments:

Post a Comment