Belajar Skill Bola

Tugas kita bukanlah untuk berhasil Melainkan Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

Recent Posts

Responsive Ads Here

Thursday, May 17, 2018

Mengelola Asam Laktat Saat Latihan Fisik

Sebelum menjelaskan ke asam laktat saudara saya arahkan dulu untuk memahami Istilah Fisik yaitu :

1. Kekuatan
Kemampuan otot melakukan gerak tiba-tiba dengan intensitas tinggi dan dengan beban yang bervariasi.
A. Daya Tahan Kekuatan/Power
Kemampuan untuk memelihara gerakan sentak otot didalam intensitas dan beban tinggi dalam kurun wkatu yang lama. dengan cepat menghasilkan kekuatan tubuh yang besar ( daya eksplosifitas ) kemampuan untuk mengendalikan gerakan sentak otot didalam intensitas dan beban tinggi dalam kurun waktu sependek mungkin (secepat mungkin). kekuatan Maksimal adalah kemampuan otot untuk melakukan gerakan yang maksimal dengan beban dalam waktu yang pendek/singkat.

2. Daya Tahan ( Endurance )
Kemampuan tubuh untuk melakukan aktifias fisik dengan intensitas tertentu dalam kurun waktu tertentu.

  • Kemampuan gerak tubuh ( Aerobic Capacity ) adalah kemampuan untuk melakukan aktivitas gerak tubuh secara aerobic,  aerobic adalah tenaga yangdihasilkan otot dengan bantuan oksigen, semakin lama jangka waktu latihan semakin dominan fungsi oksigen, ini adalah sebuah aktifitas latihan dengan oksigen cukup sehingga tidak menyebabkan gangguan tertentu pada tubuh artinya karena adanya keseimbanga antara produksi energi tubuh dan energi yang digunakan oleh tubuh bisa melakukan latihan tanpa halangan.
  • kekuatan gerak tubuh ( Aerobic Power ) adalah kemampuan untuk menggabungkan antara kemampuan aerobic dan sistem energi anaerobic didalam jangka waktu lama dengan tujuan untuk memperoleh performa terbaik dalam aktifitas fisik yang dinamis. ini adalah sebuah latihan dengan persedian oksigen yang cukup namun juga membutuhkan sumber energi lain, jika sumber energi lain tidak tersedia, akan mengakibatkan gangguan dan pengurangan kekuatan pada tubuh, tergantung dari usia dan tingkat kemampuan pemain, kondisi ini terjadi pada kurun waktu 2 sampai 3 menit dan menggunakan lebih dari 85% fungsi kerja masimal jantung.
  • Tenaga yang dihasilkan otot dengan laktat ( Anaerobic lactic ) merupakan aktifitas fisik yang terus menerus menghasilkan asam laktat konsentrasi tinggi didalam kurum waktu yang pendek. berbeda dengan aktifitas aerobic yang menggunakan oksigen anaerobic adalah tenaga yang dihasilkan otot tanpa oksigen dan laktat terebntuk konidisi ini dapat terjadi misalnya saat berlari cepat dlam kurun waktu lama, sistem energi tubuh yang menggunaan oksigen tidak mampu menyediakan semua energi yang dibutuhkan denagn cepat jika kondisi ini terjadi, maka tubh membutuhkan sistem energi yang lainnya dan hal ini justru menjadi penyebab berkurangnya kekuatan tubuh, oleh sebab itu sistem energi anerobic lactic kemudian menghasilkan sebuah zat kimia yang disebut dengan asam laktat (lactic acid). Jiak dalam jumlah banyak akan memperngaruhi tubuh selama aktifitas fisik. oleh karena itu, tingkat aktifitas fisik sewaktu-waktu perlu dikurangi dengan tujuan untuk mendaur ulang asam laktat dan mendorong terjadinya performa tingkat tinggi. Untuk alasan inilah, ketahanan pemain dalam mentolerir asam laktat yang terbentuk di dalam tubuh menjadi sangat penting. Contoh : tergantung daari kemampuan dan tingkat usia pemain, kondisi seperti ini tercipta saat melakukan aktivitas yang dinamis dan berkelanjutan dengan kekuatan maksimal selama kurun waktu 45 detik. sebagai contoh melakukan sprint selama 45 detik adalah contoh aktivitas penggerakan otot tanpa oksigen yang menyebakan terbentuknya asam laktat.

Keterangan tambahan 

Sistem yang dilakukan tubuh kita saat berolahraga ada 3 tahapan, yaitu :
a. Anaerobic alactic selama 15 detik pertama.
b. Anaerobic lactic pada 2 menit berikutnya, lalu
c. Aerobic untuk latihan dengan jangka waktu 4 menit ke atas.

Jalan kaki, bersepeda atau renang santai termasuk olahraga ringan. Disini kebutuhan otot akan oksigen terpenuhi dengan baik ketika bernafas. proses pembuatan energinya didapat dari karbohidrat dan tidak menghasilkan asam laktat sehingag energinya bisa bertahan lama, ini berguna untuk diet sedangkan lari cepat, angkat besim push up atau olahraga yang lain yang membutuhkan tenaga besar dan membutuhkan waktu lama seperti sepakbola, termasuk dalam olahraga berat. Ketika tiba-tiba diperlukan energi yang besar saat oksigen tidak ada maka glikogen (zat yang menyimpan cadangan energi pada sel yang dibentuk oleh glukosa) dipisahkan untuk membuat energi kembali. tapi dalam prosesnya akan terjadi penumpukan asam laktat sehingga otot pada tubuh menjadi kelelahan dan jika berlangsung lama akan terasa capek sekali. Ketika berolahraga, oksigen yang masuk melalui pernafasan akan diurai dan menyatu dengan lemak tubuh supaya otot tetap normak. lemak bisa diurai dengan energi yang digunakan saat melakukan olaharag ringan selama 20 menit terus menerus. mengapa kita dapat kelelahan? kelelahan pada otot disaat tubuh membuat energi, disebabkan oleh asam laktat yang dihasilkan oleh glikogen disaat proses penguaraian, jika melakukan olahraga dengan menumpukan asam laktat, akan mengakibatkan kelelahan pada otot. Dalam istilah kesehatan ada istilah yang disebut mitochondria mass, kemampuan sel otot untuk menyerap laktat yang terbentuk saat sel otot kekurangan oksigen. Dasar endurance yang baik ditambah berlatih keras dalam waktu yang singkat (interval) meningkatkan masa mitochondria itu sendiri adalah semacam "pabrik energi" dalam sel otot kita


No comments:

Post a Comment