Belajar Skill Bola

Tugas kita bukanlah untuk berhasil Melainkan Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

Recent Posts

Responsive Ads Here

Metode Latihan

Menyiapkan Program Latihan

Ditulis ulang dari buku “Principles of Brazilian Football” (Jose Thadeu Goncalves) oleh: Joko Hartono

Salah satu kunci sukses pembinaan sepakbola usia muda adalah diterapkannya Total Training Method: Program ini merupakan kombinasi dari berbagai bagian yang dibutuhkan untuk membentuk performa dan fisik pemain yang baik tanpa membahayakan kesehatan.  Bagian – bagian dalam program ini adalah: Perencanaan dan manajemen, kontrol medis, kebiasaan, nutrisi makanan, adaptasi terhadap program latihan, psikologis, teknis dan prinsip pembentukan fisik. Selain itu, ada 5 faktor penting yang harus dianalisis ketika menyiapkan prinsip pembentukan fisik berdasarkan filosofi Total Training Method adalah:

  1. Interaksi antara program pembentukan fisik dan teknik yang didukung oleh aspek psikologis
  2. Mengevaluasi perencanaan tahunan secara konsisten untuk meyakinkan para pemain pada suatu kelompok masih tetap fokus terhadap tujuan pelatihan
  3. Evaluasi terhadap pemain dibuat terpisah berdasarkan prioritas kelompok
  4. Mengorganisir program dan latihan yang spesifik berdasarkan frekuensi, intensitas dan banyakknya latihan.
  5. Selalu memperhitungkan faktor motivasi, hal – hal yang perlu dianalisis di antaranya :
    • Kemampuan fisik dari setiap pemain
    • Kesehatan dari setiap pemain agar tetap terbebas dari sakit atau cedera (latihan harus aman, jangan pernah mengambil resiko dengan memaksakan pemain berlatih jika kondisi kesehatan mereka tidak fit 100%)
    • Jenis latihan yang harus dikondisikan dengan keadaan cuaca (jika kondisi dingin, latihan dilakukan di dalam ruangan, begitu juga saat hujan). Lokasi, selalu menukar tempat latihan pemain untuk mencegah kebosanan

Sebelum kami menjelaskan hal penting pada fisik dan mengilustrasikannya dengan beberapa program latihan, berikut ini merupakan langkah – langkah dalam menyiapkan pemain sebelum menjalani pelatihan fisik:

  1. Istirahat, pemain harus menjalani masa penyembuhan. Periode ini dibagi menjadi 3 situasi berbeda. Waktu tidur minimal 8 jam. Jika berlatih 2x sehari, pemain harus diberikan waktu istirahat untuk memulihkan kondisi fisiknya dan meregangkan mental dan emosinya. Waktu istirahat yang kurang dapat mempengaruhi kualitas permainan karena meningkatnya level stress dan emosi.
  2. Nutrisi makanan, pemain harus menyeimbangkan diet berdasarkan kadar nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi tersebut di antaranya: Vitamin, protein, garam mineral, karbohidrat, dan lemak. Karbohidrat sangat penting karena mampu menghasilkan energi.
  3. Cuaca, menghindari latihan ketika cuaca ekstrem panas (menyebabkan dehidrasi) atau dingin/hujan (mengundang penyakit).


Pemanasan sebelum Latihan Fisik ala Brazil
Pada bagian ini akan laskan kepada para pelatih mengenai jenis – jenis latihan fisik yang diterapkan di Brazil.  Pemanasan ala Brazil ini bisa meningkatkan kelenturan, kegesitan dan keseimbangan.

Pemanasan tanpa bola : Lakukan sebelum bermain, dimulai dari lari – lari kecil hingga lari sprint sesuai perintah pelatih. Pola lari dilakukan secara bergantian dengan jeda waktu yang cepat dan usahakan agar pemain selalu tetap bergerak.  Pemanasan ini sangat baik karena menggerakan seluruh tubuh, akan lebih baik lagi jika intensitas lebih lama.
Intensitas latihan ini bagi kelompok umur : U8-U10 : 6-8 kali; U12-U14 : 10-12 kali; U16 ke atas : 13-15 kali dengan detail latihan sebagai berikut:

  • Latihan #1.  Lari dengan mengayunkan kedua tangan ke atas kepala dan searah pundak.
  • Latihan #2. Lari dengan mengayunkan kedua tangan ke kiri dan ke kanan.
  • Latihan #3. Lari dengan meregangkan ke dua tangan ke dalam dan keluar.
  • Latihan #4. Lari dengan menarik kedua tangan dari muka ke arah dada.
  • Latihan #5. Lari dengan memutar badan dari pinggul ke kanan dan ke kiri.
  • Latihan #6. Lari kemudian berhenti, posisi kaki kanan di depan kaki kiri di belakang dan tangan kanan ke atas tangan kiri ke bawah, lakukan bergantian.
  • Latihan #7. Lari kemudian berhenti, wajah tolehkan ke kanan kemudian ke kiri. Lakukan berulang.
  • Latihan #8. Lari kemudian tendang kaki kanan ke arah depan hingga menyentuh tangan kanan yang direnggangkan ke depan. Ulangi untuk kaki dan tangan kiri.
  • Latihan #9. Lari kemudian tendang kaki kanan ke arah kiri, ulangi untuk kaki kiri ke arah yang berlawanan.
  • Latihan #10. Lari kemudian angkat kaki kanan ditekuk di bagian lutut dan ayunkan ke kiri, lakukan bergantian dengan kaki kiri.
  • Latihan #11. Lari kemudian angkat kaki kanan ditekuk di bagian lutut dan ayunkan ke depan, lakukan bergantian dengan kaki kiri.
  • Latihan #12 Lari kemudian tendang kaki ke arah belakang sentuh dengan tangan

Pemanasan dengan bola :  Pemanasan ala Brazil identik dengan 4 jenis latihan yang dapat meningkatkan respons. Pemanasan harus dilakukan secara intens, terus menerus, dan menggerakan badan dari posisi yang simpel hingga yang kompleks. 4  jenis pemanasan itu adalah :

  1. Latihan tanpa gerakan maju dan mundur. Latihan ini dapat meningkatkan respons pada situasi tanpa pressure.
  2. Latihan dengan bola, yaitu : Jungkir balik, sit-down, stand-up dan lainnya. Latihan ini dapat meningkatkan respon pada situasi yang tidak dapat diprediksi atau respon terhadap arah bola yang tidak bisa ditebak.
  3. Latihan dengan sprint jarak pendek, setelah menendang bola sejauh 15  meter, sprint ke arah berhentinya bola, kemudian kembali ke titik awal, lakukan berulang-ulang.
  4. Latihan dengan gerakan maju-mundur di lapangan.
Kami merekomendasikan bola karet untuk pemain U-14. Hal ini ditujukan untuk melatih konsentrasi, bola karet yang terbuat dari karet membutuhkan presisi ketika menerima dan mengumpan, karena bola karet akan lebih memantul ketika dikontrol. Porsi latihan dengan bola karet berdasarkan umur:     U8-U10 / 30 detik; U12-U14 / 45 detik; U16 ke atas / 60 detik dengan rician sebagai berikut:

Latihan pemanasan dengan partner (4 posisi ketinggian bola):
  • Posisi bola di tanah:
  1. Menggiring bola dengan mengubah kaki yang digunakan untuk mengontrol bola. Untuk U8-U10 : 2 sentuhan dan U12-U18 : 1 sentuhan.
  2. Latihan di tempat (sama dengan latihan #1), tetapi ada gerakan tambahan berupa sit-down, stand-up dan lainnya.
  3. Partner berdiri pada jarak 6 kaki dari posisi kita kemudian menendang bola sejauh kira-kira 30 meter kemudian kita mengejarnya dan memberikannya lagi, lakukan secara berulang.
  4. Sprint jarak pendek.
  • Posisi bola setinggi pinggang:
  1. Latihan ini dilakukan dengan menendang bola ke udara kemudian diterima oleh partner menggunakan bagian tubuh di bawah pinggang, namun ketika mengembalikan bola harus ditendang menyusur tanah. Lakukan secara berulang.
  • Menahan bola dengan dada:
    1. Salah satu pemain mengumpankan bola dengan cara melemparkannya ke udara, kemudian partnernya harus menerima menggunakan dada. Latihan ini ditujukan untuk melatih pemain ketika berada pada situasi di bawah tekanan lawan.
  • Sundulan:
  1. Salah satu pemain mengumpankan bola dengan cara melemparkannya ke udara,  kemudian partnernya akan mengembalikan bola dengan menyundulnya secara offensive ataupun defensive, lakukan secara berulang dan acak. Kemudian saling tukar posisi. Latihan ini tidak direkomendasikan untuk pemain U8 – U10.

Pendahuluan: Prinsip Pembentukan Fisik dalam Sepakbola

Ditulis ulang dari buku “Principles of Brazilian Football” (Jose Thadeu Goncalves) oleh: Joko Hartono

Saya yakin setiap pencinta sepakbola akan mengingat pertandingan antara Brazil melawan Belanda pada Piala Dunia 1994. Sebuah pertandingan dengan tensi tinggi dimana kondisi fisik berperan sangat penting. Pada pertandingan tersebut Brazil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 dan Belanda gagal memanfaatkan beberapa kesalahan yang dibuat oleh para pemain belakang Brazil untuk menyamakan skor. Belanda sebagai tim yang lebih mengontrol permainan akhirnya kalah akibat para pemainnya kurang mampu mengatasi tekanan mental. Faktor psikologi memang punya peran dominan dalam suatu pertandingan sepakbola, terutama setelah kekuatan fisik dan reaksi pemain berkurang. Brazil telah menyiapkan fisiknya secara baik dan mampu mengatasi situasi di bawah tekanan tersebut dan memenangkan pertandingan. Namun,

Brazil sendiri juga pernah mengalami kejadian dimana keunggulan fisik lawan menjadi penentu dalam pertandingan. Pada even Olimpiade 1996, Brazil sempat unggul 3-1 atas Nigeria sampai menit ke-65, namun akhirnya harus mengakui kekalahan dengan skor 4-3 akibat kelelahan fisik.

Dalam bab ini, kita akan mendiskusikan beberapa metode pembentukan fisik dan jenis – jenis latihan yang dikembangkan dan digunakan oleh timnas Brazil. Tetapi pembahasannya tidak akan dilakukan secara detail, karena untuk membahasnya secara lengkap akan membutuhkan satu buku tersendiri.

Kita akan fokus pada konsep yang dikembangkan di persepakbolaan Amerika bagian Utara yang dapat menghasilkan pemain yang kompeten dengan berbagai prestasinya di level kompetisi internasional.

Sejarah pembentukan fisik sebagai salah satu faktor paling penting dalam persiapan sebuah tim nasional dimulai saat digelarnya Piala Dunia pada tahun 1966. Inggris sebagai tuan rumah sangat berambisi untuk memenangkan turnamen tersebut. Terutama karena mereka adalah Negara asal sepakbola. Satu – satunya tim tangguh yang menjadi penghalang ambisis mereka adalah Brazil, juara dunia tahun 1958 di Swedia dan 1962 di Chili, dengan ciri permainannya yang mengandalkan skill dan kecepatan.

Pada saat turnamen sesungguhnya berlangsung, Inggris menciptakan strategi man on man marking yang membutuhkan kondisi fisik prima dari para pemain. Lewat strategi ini, pemain-pemain Inggris tidak memberikan ruang bagi Brazil, khususnya kepada Pele. Mereka benar – benar mendominasi Piala Dunia 1966 dan membatasi ruang gerak pemain lawan yang merupakan langkah awal dalam pengembangan prinsip pertahanan dalam strategi sepakbola modern.

Semua sekolah sepakbola di dunia menjadi sangat tertarik dengan berbagai metoda latihan Inggris yang menitikberatkan pada fisik, khususnya di Jerman dan Spanyol. Dari pengalaman tahun 1966 tersebut, para pelatih fisik Brazil menghabiskan waktu bertahun – tahun di sekolah sepakbola Eropa untuk mempelajari cara terbaik dalam membuat program latihan fisik yang efektif dan tepat, dan pelatihan itu dikenal dengan istilah Total Training Method. Prinsip ini kemudian menjadi dasar perencanaan latihan fisik di berbagai klub sepakbola dan timnas Brazil.

Sistem pelatihan fisik Brazil ini kemudian dibawa ke sekolah-sekolah sepakbola di Amerika bagian Utara, dan berhasil mendorong peningkatan yang signifikan khususnya pada pembentukan fisik. Beberapa pelatih MLS (Major League Soccer) mengangkat pelatih fisik untuk menjadi asisten mereka. Mereka menyadari betapa pentingnya memiliki pengetahuan yang cukup untuk membentuk fisik pemain khusunya bagi pemain muda.

Prinsip pembentukan fisik adalah mengembangkan fisik pemain untuk mencapai performa yang baik. Langkah – langkah yang harus dipertimbangkan ketika menyiapkan program ini adalah :
 
  1. Meningkatkan sistem pernafasan melalui aerobik dan anaerobik.
  2. Meningkatkan kadar darah yang dipompa oleh organ hati ke seluruh tubuh.
  3. Membentuk otot di bagian tubuh tertentu.
  4. Meningkatkan otot di bagian tendon dan ligamen.
  5. Mengurangi kadar asam pada otot selama bermain sepakbola

Untuk memahami dan mengawasi apakah langkah – langkah tersebut dilakukan dengan baik, dibutuhkan seorang spesialis (pelatih fisik) yang bertujuan memonitor perkembangan fisik pemain. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab seorang pelatih fisik yang direkomendasikan oleh Prof. Julio Mazzei :
 
  1. Perencanaan, pendidikan, pengarahan dan supervisi program pembentukan fisik (atletik dan psikologi) secara berkala mingguan, bulanan dan tahunan.
  2. Perencanaan, pendidikan, pengarahan dan supervisi pemanasan sebelum sesi latihan (teknis dan taktik) dan sebelum sesi permainan.
  3. Membantu direktur teknik ketika diminta bantuan sepanjang sesi taktik dan teknis.
  4. Membentuk dan menyesuaikan program fisik khusus bagi pemain yang sedang cedera, yang berhubungan dengan bagian medis dan terapi fisik.
  5. Memberikan hasil ringkasan mingguan untuk aktivitas latihan yang telah dilakukan, sebagai supervisi bagi pengembangan pemain.
  6. Memberikan pendapat pribadi mengenai kuantitas dan kualitas pertandingan persahabatan pada level, daerah, nasional ataupun internasional yang telah dilakukan tim.
  7. Menyimpan data hasil latihan (lihat bab perencanaan) dan berbagai data penting yang berhubungan dengan aktivitas pengembangan dan perencanaan yang akan berguna untuk kebutuhan tahun depan.
  8. Mengorganisir dan mengarahkan evaluasi kondisi fisik pemain.
  9. Mengikuti seminar, kursus, simposium dan memperoleh lisensi yang dapat mengenalkan teknik, sistem dan metode pelatihan baru.
  10. Memberikan ringkasan evaluasi fisik dan performance permainan setiap pemain, serta selalu memberikan peringatan untuk kebiasaan buruk di luar lapangan yang dapat mempengaruhi kondisi fisik mereka.
  11. Selalu menganalisis permainan pemain, dan ingat ungkapan psikologis asal Perancis M. Baquet :
‘Kamu berjalan dengan kaki, bernafas dengan paru-paru, berlari dengan hati tetapi capailah tujuan dengan perasaanmu’

15 comments:

  1. Bagus bro lanjutkan, minta kacang atomnya, buat saya post disini http://adiragaputra.bogspot.com

    ReplyDelete
  2. ini baru informasi .. postingan mantap dan lengkap .. bagus bro tulisannya, juara!

    Kunjungi juga yah bro tulisan saya di Agen Bola

    thanks

    ReplyDelete
  3. mesti latihan pisik tiap hari. Saya belajar mau memiliki kekuatan dalam menyepak bola, mungkin perlu memakaikaos robocop saat latihan. Biar tendangannya sekuat tenaga robot.

    ReplyDelete
  4. ini jelas akan membantu sekaligus memandu sesi latihan pribadi saya untuk menjadi pesepak bola. saya akan coba terapkan...makasih saya. kunjungi juga blog saya Riky Fernandes Of The Blog

    ReplyDelete
  5. Video sangar bro
    http://m.youtube.com/watch?v=bQjdCAxyVOo

    ReplyDelete
  6. makasih banyak ilmunya ya gan, salam kenal di tunggu kunbalnya
    http://sepakbola-satu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Trims untuk informasinya
    Jangan bosan untuk saling berbagi yaa

    Salam Sepakbola

    ReplyDelete
  8. Trims untuk informasinya
    Jangan bosan untuk saling berbagi yaa

    Salam Sepakbola

    ReplyDelete
  9. kalau ingin tau cara latihan terbaru hub; 08163294187

    ReplyDelete
  10. Trims atas bagi2 ilmunya, good. Klo boleh request lagi boleh dong kasih2 info lagi tuk taktikal dlm pelatihan usia dini.

    ReplyDelete
  11. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  12. Ijin Share & Promot Min :


    [Promo] Dapatkan Bonus Promo SPECIAL Khusus Sampai Akhir Bulan Maret 2017 Menanti Anda Hanya Di ( >> www.bavetline88.com << )
    Cukup Dengan Menekan 1 Klik Link Website Ini ( >> www.bavetline88.com << ) Bonus Ditangan Anda :

    ~ Bonus Sportsbook ~

    1. Bonus 20% untuk member baru Sbobet, Ibcbet dan Asia77.
    2. Bonus minimal deposit awal hingga Rp 300.000,-.
    3. Bonus Maximal yang diberikan perhari mencapai hingga Rp.1.000.000.
    4. Bonus kemenangan 5% untuk produk Sbobet, Ibcbet, Asia77.
    5. Promo rollingan sebesar 0.5% dan 0.7%.
    6. Promo cashback hingga 5%.

    ~ Bonus Casino Online ~

    1. Dapatkan Bonus 10% untuk member baru 338A, 1S Casino, Asia8bet.
    2. Bonus minimal deposit awal hingga Rp 300.000,-.
    3. Bonus Maximal yang diberikan per hari mencapai hingga Rp.1.000.000,-.
    4. Bonus kemenangan 2.5% dari Deposit.
    5. Bonus Cashback hingga 5% diberikan kepada member yang mengalami kekalahan diatas Rp.1.000.000,-.
    6. Bonus Cashback hingga 10% diberikan kepada member yang mengalami kekalahan diatas Rp.10.000.000,-.
    7. Bonus Rollingan hingga 1% untuk semua permainan Casino.

    ~ Bonus Tangkas ~

    1. Bonus Deposit awal hingga 20% Khusus Produk Bola Tangkas dan Tangkasnet.

    ~ Bonus Asia Poker 77 ~

    1.Dapatkan komisi Rollingan Hingga 2% yang sudah di set kedalam ID Asia Poker 77 milik anda.

    ~ ( BONUS REFERENSI ) ~

    1. Bila Anda Mengajak Dan Mengenalkan Bavetline Kepada Teman Anda Maka Anda Mendapatkan Bonus Rollingan Hingga 0.5% (All SportsBook).
    2. Bila Anda Mengajak Dan Mengenalkan Bavetline Kepada Teman Anda Maka Anda Mendapatkan Bonus Rollingan 0.4% (All Casino).

    ( Note : Syarat Dan Ketentuan Berlaku )

    Ayo Segera Bergabung Menjadi Salah Satu Bagian Dari Kami Dapatkan Bonus Promo SPECIAL Berlimpah Menanti Anda hanya di ( >> www.bavetline88.com << )


    Info lebih lanjut :

    Contact Person : 085-5127-711-28 / 081-31-666-1222.
    Whtasapp : 0813-1666-1222.
    BBM : 55628DA2.
    LINE : bavetline.
    SKYPE : Agen Bavetline.
    Customer Service : (>> LiveChat <<)

    ReplyDelete
  13. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515
    Agen SBOBET
    Daftar Sbobet
    Judi Bola Online

    ReplyDelete
  14. Selamat Datang Di 7LiveBet Situs Betting Terbaik Dan TerpercayaDapatkan
    Hot Promo Hanya Di 7LiveBet(.)COM :
    * HOT PROMO NEW MEMBER
    * BONUS TURNOVER POKER 0.3%
    * BONUS CASHBACK SPORTBOOK 15%* PROMO UANG TUNAI 5JT
    * BONUS REFERRAL 5% SEUMUR HIDUP

    BCA - MANDIRI - BNI - BRI

    Link Resmi : www(.)7LiveBet(.)com
    Link Alrternatif : www(.)7LiveBet(.)Asia

    UNTUK INFO SELENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    PIN BBM DC71D9A0
    WA +6281271235854

    WEBSITE PREDIKSI di :
    PREDIKSIBOLA118(.)COM

    Sports
    Live Casino
    IDN Poker
    Slots Games
    IDN Live

    ReplyDelete