Belajar Skill Bola

Tugas kita bukanlah untuk berhasil Melainkan Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

Recent Posts

Responsive Ads Here

Tuesday, February 3, 2015

Intisari Materi Kepelatihan

Materi Kepelatihan

1. Kondisi Fisik
Kemampuan aktivitas gerak jasmani yang dilakukan secara sistematik dan ditingkatkan secara progresif untuk mempertahankan atau meningkatkan derajat kebugaran jasmani agar tercapai kemampuan kerja fisik yang optimal.
Komponen Kondisi Fisik
1. Daya tahan Kardiovaskuler
Kemempuan otot jantung seseorang dalam bekerja dalam waktu yang relatif lama.
2. Daya tahan otot 
kemampuan seseirang dalam mempergunakan ototnya bekerja dalam waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan.
3. Kecepatan
kemempuan seseorang dalam menempuh jarak tertentu dengan waktu yang sesingkat singkatnya
4. Kekuatan
kemempuan seseorang dalam menerima suatu beban tertenu.
5. Power
gabungan dari kecepatan dan kekuatan
6. Kelincahan
kemampuan tubuh dalam mengubah arah dengan cepat tanpa kehilangan keseimbangan
7. Keseimbangan
kemampuan seseorang dalam mempertahankan tubuhnya agar tetap dalam keadaan seimbang
8. Koordinasi
kemampuan seseorang menggabungkan berbagai rangkaian gerakan.
9. Kecepatan Reaksi
kemampuan seseorang dalam menerima suatu rangsangan. 

2. Teknik 
adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu gerakan. ada 2 teknik yang ada dalam permainan sepakbola diantaranya :

1. Teknik tanpa bola, yaitu semua gerakan-gerakan tanpa bola terdiri dari :
a. Lari cepat dan mengubah arah.
b. Melompat dan meloncat.
c. Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan.
d. Gerakan-gerakan khusus untuk penjaga gawang.

2. Teknik dengan bola, yaitu semua gerakan-gerakan dengan bola, terdiri dari :
a. Mengenal bola
b. Menendang bola (shooting)
c. Menerima bola : menghentikan bola dan mengontrol bola
d. Menggiring bola (dribbling)
e. Menyundul bola (heading)
f. Melempar bola (throwing)
g. Gerak tipu dengan bola
h. Merampas atau merebut bola.

3. Taktik
Taktik adalah suatu siasat atau akal yang dirancang dan akan dilaksanakan dalam permainan oleh perorangan, kelompok, maupun tim untuk memenangkan suatu pertandingan secara sportif.

Pada hakikatnya, penggunaan taktik dalam sepakbola adalah suatu usaha mengembangkan kemampuan berpikir, kreativitas, serta improvisasi untuk menentukan altenatif terbaik memecahkan masalah yang dihadapi dalam suatu pertandingan secara efektif, efesien, dan produktif dalam rangka memperoleh hasil yang maksimal yaitu sebuah kemenangan dalam pertandingan.

Strategi adalah suatu siasat atau akal yang dirancang sebelum pertandingan berlangsung dan digunakan oleh pemain maupun pelatih untuk memenangkan pertandingan yang dilaksanakan secara sportif dan sehat.

Strategi mengacu pada gerakan-gerakan yang dibutuhkan dalam pertandingan. Kedudukan strategi dalam olahraga memiliki makna sebagai pendukung aspek taktik olahraga. Dengan demikian, antara taktik dan strategi memiliki perbedaan, akan tetapi dalam pelaksanaannya keduanya saling berkaitan serta mendukung untukmencapai tujuan yang sama, yaitu memenangkan pertandingan.

Taktik dalam aplikasinya secara garis besar dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Taktik Penyerangan.
Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorongan, kelompok,maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif.

Taktik penyerangan dapat dibedakan menjadi:

a. Taktik mencari tempat kosong di antara pemain lawan.
b. Taktik melakukan gerakan tersusun, baik yang membawa bola maupun tidak (memanfaatkan lebar lapangan).
c. Taktik bermain ketat (jeli melihat peluang).

2. Taktik Pertahanan
Taktik pertahanan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan,kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan atau kelelahan dalam pertandingan.

Taktik pertahanan dapat dibedakan menjadi:

a. Man to man defence, setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu).
b. Zone defence, setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya.
c. Kombinasi, yaitu taktik man to man defence dan zone defence.

3. Taktik Perorangan
Taktik perorangan diartikan sebagai siasat yang dilakukan oleh seorang pemain dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik, dan mental yang dilakukan dengan proses yang cepat untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam suatu pertandingan.

4. Grup Taktik
Grup taktik diartikan suatu siasat yang dijalankan dua orang pemain atau lebih dalam melakukan pertahanan dan penyerangan untuk mencari kemenangan secara sportif pada suatu pertandingan.

5. Kolektif Taktik
Kolektif taktik diartikan suatu siasat yangdijalankan oleh suatu regu dalam menjalin kerja sama untuk mencari kemenangan dalam suatu pertandingan.

4. Mental/ Jiwa Kebersamaan 
Mental adalah keadaan emosi  yang berhubungan dengan watak dan batin seseorang.
Mental yang kuat tentunya adalah hal yang dibutuhkan dalam permainan sepakbola dimana mental mempunyai peranan yang sangat penting karena mental seseorang bisa berpengaruh terhdap kondisi fisik, teknik dan taktik yang sudah diterapkan atau dipelajari. inilailah poin yang sering dilupakan oleh seorang pelatih, hal yang dianggap sepele oleh seorang pelatih dan bahkan tidak pernah diajarkan. Saya kasih contoh pemain anda memiliki skill dan kondisi fisik yang bagus namun ketika dihadapkan pada suatu kompetisi anak didik anda kurang begitu mengeluarkan kemampuan terbaiknya, bahkan orang yeng memiliki mental yang buruk  akan cepat mengalami kelelahan yang cepat  dan kesalahan dalam melakukan sebuah teknik itu dikarenakan mereka mengalami ketegangan syaraf, otot. agar anak didik anda terbiasa dan memilik mental yang bagus saya memiliki beberapa tips untuk ,eningktakan mental pemain anda :

1. Lakukanlah uji coba lawan, lakukan uji coba dengan mencari lawan yang lemah dan dapat dipastikan lawannya kalah setelah mereka menerima kemenangan sehingga mental mereka meningkat lakukan uji coba dengan lawan yang lemah ini sampai beberapa kali setelah itu lakukan uji coba terhadap lawan yang sangat kuat sehingga mereka dapat merasakan kekalahan, bagaimana sikap mereka saat menerima kekalahan. 
2. Saat latihan game, ketika anda menjadi wasit berpihaklah pada satu tim sehingga mereka dapat belajar untuk menerima ketidakadilan, menempa mereka menjadi lebih dewasa dan berpikir jernih.
3. Berikanlah pemain anda pengetahuan tentang psikologi berikan pada mereka tentang konsep diri seperti self image, self esteem, self identitydll.
Manusia Sering dipengaruhi emosi, pelatih harus mampu meredam emosi para pemainnya, mereka harus belajar bagaimana sebuah permainan akan berjalan dengan lancar jika jiwa kebersamaan mereka sudah terjalin, permainan akan lebih kolektif dan bervariasi.
 
5. Teknik Penjaga Gawang
Untuk Teknik Penjaga gawang agar nantinya lebih mengerti saya tulis di artikel yang lain.

ini hanyalah garis besarnya saja materi yang lebih spesifiknya anda hanya tinggal mencari di list.

No comments:

Post a Comment